Pengertian Jual Beli Online dan Masalahnya

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Pengertian Jual Beli Online dan Masalahnya

Post  masdiar on Sun Nov 10, 2013 8:14 am

Kegiatan Jual Beli online saat ini semakin menjamur, apalagi sekarang situs jual beli online gratis semakin baik dan beragam. Salah satunya adalah tokobagus.com, berniaga.com dan forum jual beli kaskus. Namun adakalanya jual beli memiliki tata cara online mengandung resiko karena produk yang ditawarkan hanya berupa penjelasan spesifikasi barang dan beberapa gambar yang tidak bisa kita jamin kebenarannya.

Untuk itu dalam transaksi jual beli online kenali tatacara yang benar dan spesifikasi barang sesuai dengan yang ditawarkan. Namun alangkah baiknya jika kita mengerti definisi jual beli online dan masalahnya.

A. Pengertian Jual Beli Online

Pengertian Jual Beli

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jual beli adalah persetujuan saling mengikat antara penjual, yakni pihak yang menyerahkan barang, dan pembeli sebagai pihak yang membayar harga barang yang dijual.

Secara etimologis, Jual beli adalah tukar menukar harta dengan harta, artinya dalam transaksi jual beli adalah transaksi tukar menukar antara harta milik penjual biasanya berupa barang dengan harta milik pembeli biasanya berupa uang. Kenapa disebutkan biasanya? Karena dalam transaksi ini juga bisa terjadi tukar menukar barang dengan barang yang disebut jual beli dengan cara barter atau transaksi tukar menukar uang dengan uang yang disebut jual beli money changer. Artinya Jual beli terjadi karena adanya penawaran oleh penjual dan adanya permintaan oleh pembeli yang saling melengkapi.

Pengertian Online

Online adalah keadaan terkoneksi dengan jaringan internet. Dalam keadaan online kita dapat berselancar di internet dengan melakukan kegiatan secara aktif sehingga dapat menjalin komunikasi baik komunikasi satu arah seperti membaca berita dan artikel dalam website maupun komunikasi dua arah seperti chatting dan saling berkirim email.

Pengertian Jual Beli Online

Dari pengertian-pengertian tersebut maka kita dapat menyimpulkan bahwa Jual beli online adalah aktifitas jual beli berupa transaksi penawaran barang oleh penjual dan permintaan barang oleh pembeli secara online dengan memanfaatkan teknologi internet.

B. Masalah Jual Beli Online

Objek Jual Beli

Tidak seperti di pasar kita dapat melihat dan merasakan produk yang akan kita beli dengan cara melihat secara langsung, bisa mencobanya, ataupun memegang produk yang akan dibeli. Ini tidak berlaku pada objek jual beli online karena produk yang dipasang hanya berupa spesifikasi produk yang tertulis, sehingga pembeli wajib berhati-hati dalam memilih barang.

Pelaku Jual Beli

Penjualan dan pembelian online kadang hanya dilandasi oleh kepercayaan, artinya pelaku jual beli kadang tidak jelas maka dari itu banyak yang lebih memilih COD (Cash On Delivery) atau pembayaran ditempat serah terima barang. Berhati-hatilah pembayaran dengan cara transfer, teliti dahulu reputasi penjual yang menawarkan barang seperti mengecek keberadaan penjual, mengecek keberadaan toko offline penjual, atau izin usaha penjual.

Jika anda sebagai penjual jangan langsung mengirim barang sebelum pembeli melakukan pembayaran secara penuh.

Cara Transaksi Jual Beli

Walaupun COD anda harus menentukan tempat transaksi yang aman baik penjual maupun pembeli.Jika anda memilih jasa pengiriman barang perhatikan layanan yang sudah profesional.

Masalah jual beli online ini kami tuliskan bukan bermaksud menakut-nakuti anda bertransaksi atau melakukan bisnis online tetapi agar kita lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi penjualan online. Ok semoga bermanfaat.

Sumber: http://jablogjubel.blogspot.com/2013/10/pengertian-jual-beli-online-dan.html
Jablog Jubel Blog Pendidikan Jual Beli Online

masdiar
Admin
Admin

Jumlah posting : 29
Points : 76
Join date : 29.08.11
Age : 36
Lokasi : Cirebon

Lihat profil user http://cirebonbisnis.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik